CIRI - CIRI ORGANISASI
Ilmu organisasi merupakan ilmu yang penting dimiliki,
karena dalam kehidupan kita tidak lepas dari organisasi. Di mulai dari
lingkungan yang sederhana dari keluarga, hingga struktur yang rumit seperti
organisasi pemerintahan.
Organisasi berasal dari kata organon dalam bahasa Yunani
yang berarti alat. Pengertian organisasi telah banyak disampaikan para ahli, tetapi
pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip, dan sebagai bahan perbandingan
akan disampaikan beberapa pendapat sebagai berikut :
1. Chester
I. Barnard (1938) dalam bukunya “The Executive Functions” mengemukakan bahwa :
“ Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih” (I define
organization as a system of cooperatives of two more persons)
2. James
D. Mooney mengatakan bahwa : “Organization is the form of every human
association for the attainment of common purpose” (Organisasi adalah setiap
bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama)
3. Menurut
Dimock, organisasi adalah : “Organization is the systematic bringing together
of interdependent part to form a unified whole through which authority,
coordination and control may be exercised to achive a given purpose”
(organisasi adalah perpaduan secara sistematis daripada bagian-bagian yang
saling ketergantungan/berkaitan untuk membentuk suatu kesatuan yang bulat
melalui kewenangan, koordinasi dan pengawasan dalam usaha mencapai tujuan yang
telah ditentukan).
Dari beberapa pengertian organisasi di atas, dapat
disimpulkan bahwa setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu :
a. Orang-orang
(sekumpulan orang),
b. Kerjasama,
c. Tujuan
yang ingin dicapai,
Dengan demikian organisasi merupakan sarana untuk
melakukan kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama,
dengan mendayagunakan sumber daya yang dimiliki.
Adapun ciri-ciri organisasi:
o
Mempunyai tujuan & sasaran yang ingin
dicapai
o
Mempunyai keterikatan format dan tata tertib
yang harus ditaati
o
Adanya kerja sama dari sekelompok orang yang
dapat dikenal dan saling mengenal
o
Mempunyai koordinasi tugas dan wewenang serta
pengawasan agar tidak terjadi kesalahan
o
Adanya kegiatan yang berbeda-beada, tetapi
satu sama lain saling berkaitan (Interdependent Part) yang merupakan kesatuan
kegiatan
o
Tiap-tiap orang meberikan sumbangan atau
kontribusinya berupa: pemikiran, tenaga, dan lain-lain,
0 komentar:
Posting Komentar